Home » , » WISATA SEJARAH:PERALATAN KUNO DI MUSEUM BANK MANDIRI

WISATA SEJARAH:PERALATAN KUNO DI MUSEUM BANK MANDIRI

Museum Bank Mandiri
Hari kamis yang lalu pada tanggal 7 februari Admin aneka10 bersama 2 orang teman jalan-jalan ke jakarta buat membuang rasa penat dengan rutinitas kuliah(biasanya orang jakarta yang ke Bandung hehehe.....). Kami berangkat dari Bandung ke jakarta menggunakan kereta. Nah sampai di Jakarta kami bingung mau kemana. Akhirnya kami memutuskan untuk menjelajahi kawasan kota tua Jakarta. Nah disana kami
mengunjungi beberapa musium, musium yang pertama kami kunjungi adalah Musium Bank Mandiri...nah berikut foto-foto musium dan koleksi musium bank mandiri
bagian dalam museum
Berdiri tanggal 2 Oktober 1998. Museum yang menempati area seluas 10.039 m2 ini pada awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan.
Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) dinasionalisasi pada tahun 1960 menjadi salah satu gedung kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor. Kemudian bersamaan dengan lahirnya Bank Ekspor Impor Indonesia (BankExim) pada 31 Desember 1968, gedung tersebut pun beralih menjadi kantor pusat Bank Export import (Bank Exim), hingga akhirnya legal merger Bank Exim bersama Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) ke dalam Bank Mandiri (1999), maka gedung tersebut pun menjadi asset Bank Mandiri.
 
Gedung Museum Bank Mandiri (ex-Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM)) dirancang oleh 3 orang arsitek belanda yaitu J.J.J de Bruyn, A.P. Smits dan C. van de Linde. Gedung ini mulai dibangun tahun 1929 dan pada tanggal 14 Januari 1933 dibuka secara resmi Oleh C.J Karel Van Aalst, Presiden NHM ke-10. Gedung ex-NHM ini tampak kokoh dan megah dengan arsitektur Niew Zakelijk atau Art Deco Klasik
Koridor museum
Patung dewa hermes

Koridor museum lantai 2
Loket Museum
 
Ruang kasir cina

Koridor menuju bagian perbankan
 Koleksi museum terdiri dari berbagai macam koleksi yang terkait dengan aktivitas perbankan "tempo doeloe" dan perkembangannya, koleksi yang dimiliki mulai dari perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno (numismatik), brandkast, dan lain-lain.
Koleksi perlengkapan operasional bank "tempo doeloe" yang unik, antara lain adalah peti uang, mesin hitung uang mekanik, kalkulator, mesin pembukuan, mesin cetak, alat pres bendel, seal press, safe deposit box maupun aneka surat berharga seperti bilyet deposito, sertikat deposito, cek, obligasi, dan saham. Di samping itu, ornamen bangunan, interior dan furniture museum ini masih asli seperti ketika didirikan.

Buku besar
Kalkulator kuno

Pembolong kertas sebelum kertas tersebut dijilid

Pembolong kertas model lainnya

Stempel embos digunakan untuk menandai kertas, biasanya bertuliskan "Lunas"

Performator ini sama dengan pembolong kertas namun bertujuan untuk melindungi dokumen dari pemalsuan

Tatakan stempel jadul

Telepon Kuno, digunakan untuk berkomunikasi antar cabang maupun antar ruangan dalam gedung

Komputer kuno

Mesin penghancur kertas

Mesin penghancur kertas

Mungkin alat fotocopy jaman dulu

Admin kurang tau ini apa gak ada keterangannya

Antara kalkulator atau mesin kasir

Komputer dan mesin ketik kuno

Jejeran mesin ketik dari masa ke masa

Mesin ketik kuno

Mungkin yang sebelah kiri adalah laptop

Komputer kuno

Berbagai jenis telepon dan mesin kalkulator kuno

Berbagai jenis alat hitung

Mesin ATM kuno buatan IBM

Mesin ATM kuno buatan IBM

Mesin ATM kuno buatan IBM
Sebenarnya masih banyak koleksi musium yang unik dan beragam namun admin tidak sempat mengabadikan semuanya soalnya masih banyak tempat yang mau dikunjungi.(Takut memory dan baterai kamera abis hehehe). di postingan selanjutnya admin akan menampilkan koleksi-koleksi dari Museum Bank Indonesia.

Like facebook dan Follow twiiter @aneka_10 untuk mendapatkan update Artikel unik menarik Gratiss..!!!

1 komentar:

welcome my friend...!

Bagi teman-teman yang menyukai informasi unik dan menarik blog ini sangat tepat di kunjungi. Blog ini berisi berbagai informasi unik dan menarik yang disertai dengan foto-foto dalam setiap artikel. Terdapat ANEKA kategori informasi dalam blog ini mulai dari tips, berita, film, info unik, militer, dan kategori hot lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan informasi anda blog ini di update secara rutin setiap harinya dengan informasi-informasi terbaru. Teman-teman bebas berkomentar pada setiap postingan tanpa harus mempunyai akun blogspot...ingat pembaca yang baik adalah pembaca yang meningglkan komentar.
 
Support : Aneka10 on Facebook | Twitter @aneka_10 | Author
| fachriphoto
Copyright © 2013. aneka10 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger