Home » » ARMADA TEMPUR MILITER MALAYSIA MENGHADAPI PENYUSUP SULU

ARMADA TEMPUR MILITER MALAYSIA MENGHADAPI PENYUSUP SULU

Malaysia menggempur pertahanan penyusup Sulu di Kampung Tanduo, Lahad Datu, Sabah. Meski penyusup Sulu diperkirakan hanya berjumlah sekitar 300 orang, Angkatan Tentara Malaysia (ATM) dan Polis Diraja Malasya (PDRM) mengerahkan senjata-senjata modern.

Serangan Malaysia tidak hanya dilakukan dari darat, bahkan juga dari udara. Sementara pasukan angkatan laut berusaha menahan pengikut Sulu yang ingin meninggalkan Sabah atau sebaliknya yang ingin masuk ke Sabah.

Malaysia dengan tegas tidak ingin memberi ruang bergerak kepada penyusup Sulu. Pasukan General Operations Force, semacam Brimob dikerahkan oleh PDRM. Sementara ATM juga mengirim kekuatan terbaik mereka yang tergabung dalam VAT69 (Very Able Troop 69), semacam Kopassus di Indonesia.

Berikut ini kekuatan senjata Malaysia yang digunakan untuk menggempur penyusup Sulu.
1. F/A-18D Hornet
 
Malaysia mengerahkan pesawat tempur F-18 Hornet untuk menggempur basis pertahanan penyusup Sulu. Pesawat berpenumpang dua orang ini didesain untuk menyerbu target sasaran di darat. Bisa dioperasikan dari landasan udara maupun dari kapal induk. Kecepatan maksimalnya 1,8 mach. Bisa dioperasikan malam hari dalam segala kondisi cuaca.

Militer Malaysia menggunakan tiga pesawat F-18 saat melakukan serangan udara ke basis penyusup Sulu di Kampung Tanduo. Operasi dilakukan sejak pukul 7 pagi awal Maret lalu selama 20 menit.

2. BAE Systems Hawk 208
Bersamaan dengan serangan menggunakan F-18, Malaysia juga mengerahkan lima pesawat tempur Hawk 208. Pesawat tempur ini bisa membawa bahan peledak seberat 680 kg. Bom bisa diluncurkan dengan panduan sinar laser di target.

Pilot pesawat ini bisa mengintai sasaran dengan laser dan bahan peledak yang diluncurkan. Pesawat tempur Hawk ini diturunkan bersamaan dengan tiga F-18 Hornet.

Selain Hawk, ATM juga membawa helikopter Nuri yang aslinya adalah Sikorsky S-61 Sea King.?

3. CB90 Petrol Boat dan KD Hang Jebat
Di laut, Malaysia juga mengerahkan kapal perang untuk menghadang penyusup Sulu yang ingin masuk ke Sabah. Kapal itu juga berupaya menahan penyusup Sulu yang ingin pergi dari Sabah.

Kapal yang dikerahkan Malaysia adalah Combat Boat 90 (CB90). Ini adalah jenis kapal serang cepat yang diproduksi oleh perusahaan Swedia Dockstavarvet. Kecepatan bisa mencapai 74 km/jam di perairan.

Kapal lain yang dikerahkan adalah fregat FFG 29 KD Hang Jebat. Kapal ini diproduksi oleh BAE Systems Surface Fleet Solutions yang bermarkas di Glasgow.

4. APC Condor
Malaysia mengerahkan kendaraan pengangkut tempur atau panser jenis Condor untuk membantu serangan lewat darat. Panser ini diproduksi oleh perusahaan Jerman Thyssen-Henschel untuk membantu mengangkut pasukan infanteri ke medan perang.

Kendaraan pengangkut tempur ini biasanya dilengkapi dengan senapa mesin. Begitu juga bisa mengangkut misil antitank serta mortar. Kendaraan yang terparkir di markas militer di Felda Sahabat ini bisa mengangkut 12 tentara.

Sumber: www.merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

welcome my friend...!

Bagi teman-teman yang menyukai informasi unik dan menarik blog ini sangat tepat di kunjungi. Blog ini berisi berbagai informasi unik dan menarik yang disertai dengan foto-foto dalam setiap artikel. Terdapat ANEKA kategori informasi dalam blog ini mulai dari tips, berita, film, info unik, militer, dan kategori hot lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan informasi anda blog ini di update secara rutin setiap harinya dengan informasi-informasi terbaru. Teman-teman bebas berkomentar pada setiap postingan tanpa harus mempunyai akun blogspot...ingat pembaca yang baik adalah pembaca yang meningglkan komentar.
 
Support : Aneka10 on Facebook | Twitter @aneka_10 | Author
| fachriphoto
Copyright © 2013. aneka10 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger